Minggu, 10 Oktober 2010

Harga minyak melonjak

Dolar Melemah, Harga Minyak Melonjak
Jumat, 30 Juli 2010 04:23 WIB | Ekonomi & Bisnis | Bursa | Dibaca 745 kali
Dolar Melemah, Harga Minyak Melonjak
New York (ANTARA News) - Harga minyak dunia melonjak di pasar New York pada Kamis waktu setempat, didukung melemahnya dolar Amerika Serikat dan data Eropa yang positif.

Kontrak utama New York, minyak mentah light sweet untuk pengiriman September, naik 1,37 dolar AS menjadi 78,36 dolar per barel, keuntungan pertamanya dalam lima sesi.

Minyak mentah Brent North SeaLondon untuk penyerahan September meningkat 1,53 dolar menjadi 77,59 dolar per barel.

Analis mengatakan melemahnya dolar mendorong beberapa pembelian karena minyak diperdagangkan dalam mata uang AS, membuat komoditas lebih murah untuk pemegang unit kuat.

Euro melonjak melewati tanda 1,31 dolar pada Kamis, menunjukkan yang terbaik sejak awal Mei, di tengah laporan menguatnya keyakinan zona euro dan perbaikan dalam angka pekerjaan di Jerman.

Euro juga menarik dukungan dari berita penurunan tak terduga pertama kali klaim manfaat pengangguran AS, sebuah laporan yang dipantau investor untuk mencari mata uang seperti euro yang dilihat sebagai berisiko daripada dolar.

"Minyak adalah menanggapi peningkatan selera risiko (risk appetite) secara luas," kata analis Bart Melek dari BMO Capital Markets dikutip AFP.

"Setelah stress test (uji ketahanan) terhadap bank-bank Eropa menunjukkan bahwa mereka tidak sedemikian buruk seperti beberapa telah percaya, kami melihat kenaikan bertahap ketakutan dari pasar," katanya. "Sisi permintaan dalam minyak sedang mencari cukup layak."

Klaim baru untuk tunjangan pengangguran AS turun secara tak terduga minggu lalu 457.000, turun 2,4 persen dari seminggu sebelumnya, kata Departemen Tenaga Kerja, Kamis.

Klaim pengangguran turun 11.000 dalam pekan yang berakhir 24 Juli, turun substansial dari tingkat yang diperkirakan oleh para analis 464.000.

"Ini terhadap perkiraan kami untuk sebuah kenaikan," kata Andrew Gledhill dari Moody`s Economy.com. "Kami memperkirakan masalah baru dengan terkait musiman untuk lebih sedikit (auto) penutupan pabrik yang membawa volatilitas lebih."

Pada Rabu, harga minyak turun tajam setelah Departemen Energi AS mengatakan, persediaan minyak mentah melompat 7,3 juta barel pekan lalu di Amerika Amerika, menunjukkan permintaan lamban dalam perekonomian terbesar di dunia.

Itu adalah peningkatan mingguan terkuat sejak Oktober 2008 dan mengalahkan ekspektasi pasar untuk penurunan sebesar 1,4 juta barel.

Stok bensin (BBM) naik 100.000 barel, di bawah ekspektasi analis untuk membangun sebanyak 500.000 barel, dan sulingan, yang mencakup minyak pemanas dan diesel, naik 900.000 barel, sementara analis memproyeksikan kenaikan 2,1 juta barel.

Data datang di atas bukti lemahnya pertumbuhan kepercayaan konsumen AS yang telah melemahkan harapan untuk pemulihan ekonomi yang kuat.
http://www.antaranews.com/berita/1280438595/dolar-melemah-harga-minyak-melonjak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar