Minggu, 10 Oktober 2010

Produk ipod

iPod, Contoh Produk Teknologi Yang Berseni

Ingin tahu contoh gabungan (produk) teknologi dan seni? Jawabannya adalah iPod buatan Apple itu.

Sebelum membeli iPod nano, saya sudah memiliki dua buah pemutar MP3 (MP3 player). Tadinya saya berpikir, apa sih hebatnya iPod sehingga orang membeli produk ini. Dia kan bukan produk MP3 yang pertama. Biasanya pasar kan didominasi oleh yang pertama keluar.

Ternyata setelah membeli iPod nano itu saya baru bisa merasakan perbedaannya. Setelah merasakan iPod ini, lantas saya tidak bisa lepas dari dia. Desain dari iPod ini memang luar biasa. Sederhana. Di dalam kesederhanaannya itu terdapat teknologi yang luar biasa.

Lihat saja bagaimana Apple membuat user interface yang menarik dengan keterbatasan ruang untuk meletakkan tombol pengatur operasi iPod itu. Dengan hanya memutar dial yang elegan, maka saya bisa mengakses menu yang tersusun dengan rapi. Pada pemutar MP3 lainnya, hal ini dikerjakan sambil lalu saja. Para pembuat pemutar MP3 lainnya ini tidak memiliki rasa seni. (They don’t have good taste.)

Tentu saja penampilan yang cantik tanpa didukung dengan penerapan teknologi yang benar tidak ada artinya. Benda kita hanya akan menjadi pajangan saja atau malah jadi ganjel pintu.

Harus diakui Apple memang sangat menguasai pembuatan software yang elegan. Steve Jobs sendiri mengatakan bahwa Apple itu sebetulnya adalah perusahaan software. iPod itu sebenarnya hanya software yang memiliki kotak yang indah.

iPod dan iTunes menyelamatkan Apple dari kebangkrutan. Apple yang sudah akan karam ternyata muncul ke permukaan dan bahkan merajai dunia musik digital. Oh ya, memang Steve Jobs dan Apple dikenal dengan produk-produknya yang elegan - berseni. Bayangkan kalau produk mereka hanya berbentuk kotak dengan LCD seadanya saja, sudah pasti Apple karam betulan.
http://mytechblogs.com/budirahardjo/2007/07/10/ipod-contoh-produk-teknologi-yang-berseni/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar